Kiat Konservasi Kayong

lamantembawang | 19.18 |

Sedang Melakukan Diskusi
Gagasan akan membangun tata kelola hutan dan lahan yang adil dan berkelanjutan menjadi tujuan bersama oleh semua pihak di tanah Kayong dalam hal ini Kabupaten Ketapang. Inisiasi ini awal mulanya oleh kawan-kawan di Yayasan Palung hingga terbentuklah Sekretariat Bersama Konservasi Kayong. Pada mulanya yang terlibat yakni FFI, TAGANA, K3, Dishut, Disbun, dan LH. 
Dan, pada perkembangannya ketika USAID-IFACS juga menempati tanah kayong ini sehingga penanamaannya disebut dengan MSF atau disebut Multi Stakeholder Forum. Hingga saat ini Forum MSF ini menjadi berkembang selain NGO nya bertambah, Pemerintahan juga Privat Sektor. Pada tanggal 5-6 Desember 2013 MSF ini mengadakan sebuah diskusi terletak di Tambak Udang Ketapang. 
Pembahasan yang lebih kepada program bersama untuk mendorong terkait konservasi tadi menjadi lebih baik. Dimana ada beberapa hal yang menjadi planning bahwa perlunya menodorong Perda Konservasi Daerah di tingkatan Kabupaten ini yang mana konservasi ini lebih kepada NKT 5 dan 6. Itu, terdapat cukup banyak tapi tidak ada payung hukumnya, pemerintah melindungi kawasan tersebut sebagai hak-hak masyarakat tegas kawan Titok. 
Selain itu, mendorong adanya simpul Infrastuktur Data Spasial atau disebut dengan IDS. Pun, komunikasi baik internal maupun eksternal serta jaringan kerjasama dari luar yang mesti dibangun kedepannya. Harapannya, konservasi daya dukungnya bisa dikelola dengan baik, kawasan hutan dan APL yang ada tidaklah harus mengedepankan pembangunan semata tapi hal-hal lain mengenai kehidupan manusia dan lingkungannya. Seperti sekarang kita lihat, pembangunan ekonomi semakin meningkat namun pendapatan ditingkatan masyarakatnya tetap secara otomatis hal ini akan membuat kemiskinan itu sendiri semakin meingkat lanjut Pak Sikat Gudag. 
Kita mestinya berpikir jangka panjang mengenai pembangunan ekonomi atapun pertumbuhan ekonomi yang ada, karena manusia semakin bertambah lahan-lahan yang ada akan semakin sempit apabila tidak adanya tata kelola hutan dan lahan yang lebih baik, begitu kata Pak Sikat.

Di Post oleh: Nikasius Meki - PO Sampan Ketapang

Category:

Admin @lamantembawang:
Silahkan meninggalkan komentar yang membangun dan berguna

Governance and Sustainable Fair - Contact: nikasiusmeki@gmail.com