Berkenalan dengan Kimia Melalui Bahan Sehari-hari

lamantembawang | 08.32 |

Siswa Melakukan Percobaan Soda Kue dan Cangkang Telur
Kadang, banyak orang yang menganggap bahwa kimia itu adalah hal yang sangat menakutkan, menjadikannya sangat tidak disenangi oleh banyak orang. Begitu juga yang terjadi dengan pelajaran kimia itu. Lainnya ada juga yang menganggap bahwa bahan kimia itu berbahaya. Ya, ku pikir hal semacam itu sangatlah wajar terjadi demikian, karena orang belum berkenalan dengan keunikan kimia itu sendiri.
Saya coba membagikan yang saya anggap keunikan dari ilmu kimia itu sendiri, kenapa saya katakan unik? Karena kita akan melihat suatu kejadian yang kalau kita pikir secara akal sehat itu hal yang tidak mungkin terjadi. Sederhana saja sih, hanya melalui bahan-bahan yang ada dikeseharian kita. Kejadian ini sudah cukup lama sekali berlalu, yakni pada saat tugas akhir saya selesaikan dengan tema tersebut.
Tapi bukan lamanya, namun karena saya ingin berbagi dengan apa yang pernah saya lakukan itu. Mungkin untuk memperkenalkan kimia itu sendiri, untuk yang memberikan bahan ajar kimia, dan untuk orang yang mencintai kimia serta banyak hal lah yang bisa saja lebih bermanfaat lagi. Dan, sekecil apapun pengetahuan itu ketika kita memilikinya akan sangat bermanfaat untuk kita dan orang lain.
Pada tahun 2010, saya memberikannya kepada siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Sampel kali ini saya pakai adalah Balon! Balon saya pilih karena ini adalah mainan yang digemari dengan harus ditiup, atau bisa saja dipakai di pesta ulang tahun dan juga pesta pernikahan.
Nah, untuk meniup balon ini tidak menggunakan metode seperti biasanya dengan mulut dan atau menggunakan pompa. Kali ini menggunakan cukup menggunakan bahan sehari-hari yakni cangkang telur, soda kue dan asam cuka. Coba saja dipraktekan, cangkang telur itu dengan asam cuka. Cangkang telur tersebut diperkecil dicampur dengan asam cuka tersebut, begitu juga dengan soda kue tersebut juga dicampur dengan asam cuka.
Cangkang telur dan soda kue tersebut dibuat tempat berlainan, kalau mempunyai alat seperti peralatan kimia kayak erlemeyer. Setelah dicampurkan bahan-bahan tersebut di atas, masukan saja balon tersebut kedalam mulut gelas erlemeyer itu. Tunggu beberapa saat balon tersebut akan menggelembung dengan sendirinya.
Materi tersebut berkaitan dengan materi Laju Reaksi, pada permukaan bidang sentuh. Dari Dua kejadian tersebut, kita bisa menyimpulakan bagaimana laju reaksi itu sendiri terkait dengan permukaan bidang sentuhnya. Nah, ternyata memberikan motivasi cukup berarti untuk siswa-siswa pada saat pelajaran kimia. Siswa yang belajar kimia, menjadi sangat senang dan antusias sekali dengan bahan ajar tersebut. Hal-hal semacam ini bisa dijadikan sebagai variasi untuk para pegnajar kimia agar membuat kimia itu menyenangkan. Selamat mencoba ya!!!
                                                                           
Di post oleh : Nikasius Meki - Bidang Pendidikan Kimia.

Category:

Admin @lamantembawang:
Silahkan meninggalkan komentar yang membangun dan berguna

Governance and Sustainable Fair - Contact: nikasiusmeki@gmail.com