Katakan Tidak Untuk Copy Paste!!!

lamantembawang | 07.59 | 0 komentar

Ilustrasi Laman Tembawang
Menulis memang suatu hal yang gampang-gampang susah dilakukan oleh setiap individu. Belum lagi supaya tulisan tersebut bisa diterima, bisa dibaca oleh semua orang, apalagi tulisan tersebut akan di posting dalam sebuah website ataupun blog. Tindakan-tindakan supaya hal tersebut bisa menjadi produk tulisan yang baik, maka banyak hal yang dilakukan oleh seseorang salah satu diantaranya Plagiat atau Copy Paste tulisan orang lain.
Sederhana memang, tindakan yang dilakukan dalam meng-Copy tulisan orang ataupun karya orang kita tidak perlu harus buang-buang waktu,  tenaga, dan juga pikiran kita untuk membuat tulisan yang seperti yang kita inginkan tapi cukup meng-Copy tulisan orang lain saja. Anggapannya, hal ini kalau dilakukan tidak akan diektahui, kalaupun diketahui pasti tidak akan ada sanksinya. Namun, ada hal yang perlu dikaji bahwa tindakan demikian sama dengan tindakan pencuri. Karena, kita memakai karya orang lain tanpa diketahui oleh orang yang bersangkutan. Ada kode etik yang juga mengatur soal perilaku seseorang yang melakukan tindakan yang demikian.
Kita bisa merasakan sendiri bagaimana rasanya kalau tulisan kita ataupun karya kita dijiplak oleh orang lain, pasti rasanya sakit sekali. Tentunya yang paling tidak baik adalah, hal semacam itu sangat merugikan orang lain. Tindakan semacam ini tidak bisa diterima oleh orang lain, tidak akan disenangi oleh orang lain. Seperti yang terjadi pada Dosen Universitas Gajah Mada Anggito Abimanyu beberapa waktu yang lalu. Atas tindakannya melakukan Plagiarisme, karena menjiplak artikel milik orang lain membuatnya harus resign dari pekerjaannya sebagai Dosen. Baca juga http://www.thejakartapost.com/news/2014/02/18/plagiarism-forces-anggito-resign.html.
Ini bentuk ganjaran yang diterima oleh seseorang yang melakukan tindakan Plagiarisme atau Copy Paste tersebut. Walaupun dalam implementasinya tidak dengan sengaja atau bisa saja karena hanya mirip-mirip, apalagi dilakukan dengan unsur kesengajaan. Pasti akan ada ganjaran yang diberikan oleh seseorang yang melakukan tindakan Copy Paste tersebut. Banyak lagi contoh-contoh yang mana hal semacam ini tidak perlu untuk ditiru. Lihat berita berikut ini: http://www.tempo.co/read/news/2014/02/18/078555420/8-Kasus-Plagiat-yang-Menghebohkan-Indonesia/1/0.
Jadi, jangan coba-coba melakukan aksi pembunuhan dalam dunia Ilmu Pengetahuan dengan melakuna Copy Paste. Dan, ini juga tidak ada untungnya melakukan tindakan COPY PASTE (COPAS) hanya untuk sesuatu yang mungkin cukup berharga bagi kita. Toh, kalau kita yakin bahwa kita bisa melakukannya dengan pemikiran kita sendiri, dengan karya kita sendiri, penghargaan sebesar apapun merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita. Orang hebat sekalipun memulainya setahap demi setahap, hingga bisa mempunyai karya yang begitu besar.
Dengan demikian kita wajib memberikan pernyataan SAY NO TO COPAS. Oleh karena itu, mari kita Berantas Blogger Copas. Bagi Anda yang ingin memiliki nama domain sendiri, tanpa embel-embel blogspot.com atau wordpress.com bisa memesan di Nama Domain. Trus, untuk web hostingnya pesan di Web Hosting Indonesia. Semoga sekelumit tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Lomba Blog by : andre.web.id


Category:

Admin @lamantembawang:
Silahkan meninggalkan komentar yang membangun dan berguna

0 komentar

Governance and Sustainable Fair - Contact: nikasiusmeki@gmail.com