Lestarikan Bambu

lamantembawang | 08.47 |

Pohon Bambu di Benua Krio
Pohon bambu salah satu potensi yang ada di Desa Benua Krio, Kecamatan Hulu Sungai, Kabupaten Ketapang. Seorang Ibu bernama Mariatha Plagia yang ada di Dusun Sepanggang di desa tersebut mengatakan, di kampung ini banyak jenisnya pohon bambu. Ada temiang, ada betung, ada pering, ada buluh, ada muntik, ada piansak, ada kinyil, dan ada aur dan lain sebagainya.
Begitu juga keperluan bambu tersebut bagi masyarakat yang ada Daerah. Beberapa diantaranya seperti muntik, betung dan pering diambil rebungnya. Lainnya, seperti kinyil, piansak, dan buluh untuk keperluan membuat aneka anyaman dan atau kerajinan tangan untuk keperluan rumah tangga. Hasil kerajinan tangan yang biasa diolah dari bambu tersebut diantaranya takitn, timpak, ragak, kampik dan lain sebagainya.
Selain itu, bambu juga digunakan untuk alat penangkap ikan ada yang di sebut bubu, seruak, penjurikng, dan lain sebagainya. Dan, juga digunakan untuk keperluan adat istiadat, biasanya sebagai wadah untuk membuat lemang, untuk bahan-bahan adat, dan lain sebagainya.

Category:

Admin @lamantembawang:
Silahkan meninggalkan komentar yang membangun dan berguna

Governance and Sustainable Fair - Contact: nikasiusmeki@gmail.com