Berkenalan dengan Kimia Melalui Bahan Sehari-hari
![]() |
Siswa Melakukan Percobaan Soda Kue dan Cangkang Telur |
Saya coba membagikan yang saya
anggap keunikan dari ilmu kimia itu sendiri, kenapa saya katakan unik? Karena kita
akan melihat suatu kejadian yang kalau kita pikir secara akal sehat itu hal
yang tidak mungkin terjadi. Sederhana saja sih, hanya melalui bahan-bahan yang
ada dikeseharian kita. Kejadian ini sudah cukup lama sekali berlalu, yakni pada
saat tugas akhir saya selesaikan dengan tema tersebut.
Tapi bukan lamanya, namun karena
saya ingin berbagi dengan apa yang pernah saya lakukan itu. Mungkin untuk memperkenalkan
kimia itu sendiri, untuk yang memberikan bahan ajar kimia, dan untuk orang yang
mencintai kimia serta banyak hal lah yang bisa saja lebih bermanfaat lagi. Dan,
sekecil apapun pengetahuan itu ketika kita memilikinya akan sangat bermanfaat
untuk kita dan orang lain.
Pada tahun 2010, saya
memberikannya kepada siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang,
Kalimantan Barat. Sampel kali ini saya pakai adalah Balon! Balon saya pilih
karena ini adalah mainan yang digemari dengan harus ditiup, atau bisa saja
dipakai di pesta ulang tahun dan juga pesta pernikahan.
Nah, untuk meniup balon ini tidak
menggunakan metode seperti biasanya dengan mulut dan atau menggunakan pompa.
Kali ini menggunakan cukup menggunakan bahan sehari-hari yakni cangkang telur,
soda kue dan asam cuka. Coba saja dipraktekan, cangkang telur itu dengan asam
cuka. Cangkang telur tersebut diperkecil dicampur dengan asam cuka tersebut,
begitu juga dengan soda kue tersebut juga dicampur dengan asam cuka.
Cangkang telur dan soda kue
tersebut dibuat tempat berlainan, kalau mempunyai alat seperti peralatan kimia
kayak erlemeyer. Setelah dicampurkan bahan-bahan tersebut di atas, masukan saja
balon tersebut kedalam mulut gelas erlemeyer itu. Tunggu beberapa saat balon
tersebut akan menggelembung dengan sendirinya.
Materi tersebut berkaitan dengan
materi Laju Reaksi, pada permukaan bidang sentuh. Dari Dua kejadian tersebut,
kita bisa menyimpulakan bagaimana laju reaksi itu sendiri terkait dengan
permukaan bidang sentuhnya. Nah, ternyata memberikan motivasi cukup berarti
untuk siswa-siswa pada saat pelajaran kimia. Siswa yang belajar kimia, menjadi
sangat senang dan antusias sekali dengan bahan ajar tersebut. Hal-hal semacam
ini bisa dijadikan sebagai variasi untuk para pegnajar kimia agar membuat kimia
itu menyenangkan. Selamat mencoba ya!!!
Category: Opini